Rabu, 16 Januari 2013

Pidato: Hari Pendidikan Nasional

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Kepala SMP NEGERI 1 Selong
Yang kami hormati Bapak/Ibu Guru, Staf Tenaga Kependidikan
Serta teman-teman yang saya cintai
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, bahwa pada kesempatan yang baik ini kita dapat bersama-sama memperingati Hari Pendidikan Nasional yang mana pada hari ini jatuh pada tanggal 2 Mei 2012.

Pasti kita semua tahu, bahwa pada tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang mana setiap setahun sekali kita memperingatinya. Kita sebagai siswa yang baik harus mengerti arti dan makna daripada Hari Pendidikan Nasional, marilah kita selalu belajar yang giat agar kita mempunyai pengetahuan yang luas, karena dengan belajar kita akan bisa membawa kemajuan pada negara ini.
Untuk itu, mulai hari ini, esok, dan seterusnya kita harus meluangkan waktu kita untuk belajar. Paling tidak 4 – 6 jam sehari, dari waktu yang kita perlukan sehari-hari. Belajar tidak harus dengan membaca, kita juga dapat memperolehnya dengan cara menonton berita di televisi. Bahkan kita dapat memperoleh ilmu tidak hanya ketika di sekolah atau les prifat, kita dapat mengunjungi suatu tempat yang bisa kita amati. Misalnya bergi ke kebun binatang, kebun teh, tambak dll. Betul tidak ?
Kebanyakan orang yang belajar dengan cara bersama-sama maka akan lebih mudah memahaminya. Kita bisa melakukannya pada hari-hari libur, misalnya hari Minggu, untuk belajar bersama atau sering disebut belajar kelompok. Dengan belajar kelompok, kita akan saling bertukar pendapat dan berdiskusi.
Gunakanlah waktu luangmu dengan sebaik-baiknya, yang dapat diisi dengan berbagai macam kegiatan, yang mencakup kegiatan produktif maupun tidak produktif. Kalau waktu itu diisi dengan berolah raga untuk menjadi olahragawan yang bermutu, maka akan bermanfaat bagi kita. Karena dengan berolahraga otak kita tidak akan cepat lelah dan letih.
Untuk menjadi manusia yang berkualitas kita harus belajar sejak dini. Karena dengan belajar mulai dari usia dini akan membentuk mental yang kuat dan cerdas. Karena filsafat mengatakan “Cerdas manusianya cerdas bangsanya.”
Hadirin yang berbahagia.
Ingatkah dengan perjuangan Ibu Kita Kartini ? pada zaman dahulu, beliau bersikeras untuk memperjuangkan kaum wanita agar dapat bersekolah. Karena pada saat itu yang bersekolah hanyalah kaum laki-laki saja. Perjuangannya membuahkan hasil, akhirnya kaum wanita berhak untuk bersekolah. Bukankah derajat kaum wanita dan kaum laki-laki di mata Tuhan sama, iya kan ? Ibu Kita Kartini saja bisa, masak kita tidak bisa ?
Teman-temanku semuanya, bukankah kita pastinya mempunyai cita-cita ? untuk itu, marilah kita belajar untuk mencapai cita-cita dan dapat memajukan negara Indonesia ini ! dan jangan lupa untuk lebih giat beribadah kepada Allah SWT
Kita harus dapat memelihara dan memupuk semangat persatuan. Jangan sampai kita berputus asa dan menyesal di hari akhir hanya karena kita bermalas-malasan untuk belajar. Jadi jangan sampai malas belajar ya !
Demikian sambutan dari kami, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amien.
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami haturkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2 komentar:

  1. http://lalu-zul.blogspot.com/2013/01/pidato-hari-pendidikan-nasional.html

    BalasHapus
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!