Kamis, 24 Januari 2013

Hati-hati, Kesepian Bisa Bahayakan Sistem Kekebalan Tubuh!



Waspada, jangan terlalu tenggelam dalam kesepian! Pasalnya menurut penelitian terbaru, kesepian mendalam bisa membahayakan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan.

Menurut para peneliti, kesepian memicu produksi sejumlah protein yang memberikan sinyal adanya peradangan, terkait dengan penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan penyakit Alzheimer, serta penurunan kelemahan dan fungsional yang dapat mengakibatkan penuaan.
“Ini sudah jelas dari penelitian sebelumnya bahwa ada hubungan yang memang berkaitan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kematian dini dan segala macam kondisi kesehatan yang sangat serius,” ujar Lisa Jaremka dari Institute for Behavioural Medicine Research di Ohio State University, AS, yang memimpin penelitian.
“Salah satu alasan penting dari penelitian ini adalah, untuk memahami bagaimana kesepian dan hubungan luasnya yang mampu mempengaruhi kesehatan. Semakin kita mengerti tentang prosesnya, semakin banyak potensi yang ada untuk melawan efek-efek negatifnya, mungkin untuk intervensi,” tambah Jaremka.
Hasil temuan ini juga berdasarkan pada serangkaian penelitian terhadap 2 kelompok : sekelompok orang dewasa sehat kelebihan berat badan dan sekelompok penderita kanker payudara.
Para peneliti juga mengukur tingkat kesepian di semua studi yang menggunakan Skala Kesepian dari University of California, Los Angeles, yakni berupa kuesioner yang menilai persepsi isolasi sosial dan kesepian.
Jaremka sendiri sudah mempresentasikan hasil penelitian ini dalam pertemuan tahunan Society for Personality and Social Psychology di New Orleans, AS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar